SKF 2015 Conference

Analisis Gerak transisi pada dua keadaan bidang miring dan bidang datar dengan menggunakan konsep dinamika benda tegar
Siti Sachlia

Institut Teknologi Bandung


Abstract

Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problematika kehidupan yang dihadapinya. Salah satu aspek penting dari pembelajaran sains adalah pengamatan peristiwa. Maka salah satu yang harus dikedepankan di dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dipandang sebagai proses adalah mengembangkan keterampilan proses siswa. Namun fakta dilapangan menunjukan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung, metode pembelajaran yang digunakan masih menekankan pada aspek pengetahuan saja tanpa melakukan pengamatan langsung terhadap gejala alam yang berkaitan. Sehingga hal ini menyebabkan kurang terfasilitasinya pengembangan keterampilan proses sains pada siswa dan kurang maksimalnya pemahaman siswa terhadap pengamatan langsung sehingga memungkinkan terjadinya kesalahfahaman konsep fisika khususnya pada gerak transisi yang terjadi pada bidang miring dan bidang datar.Tujuan dari penelitian ini adalah mengamati gerak transisi,benda tegar pada dua bidang yaitu bidang miring dan bidang datar dengan mengkaji Konsep dinamika melalui kajian teoritik dan eksperimen melalui alat praktikum gerak bidang datar dan bidang miring sederhana. Data awal yang diuji adalah dengan membandingkan waktu yang diperoleh secara eksperimen dan secara teori, yang didapat dari melewatkan objek penelitian (balok dan silinder kayu) pada papan bidang miring 1.53 meter dengan variasi sudut 30 derajat-50 derajat. Dengan menggunakan persamaan matematis dinamika untuk gerak translasi maka akan diperoleh �k sebesar 0.441 dan kemudian akan diperoleh juga data kesesuaian waktu secara teori dan eksperimen.

Keywords: Gerak transisi, Koefisien Gaya Gesek, Dinamika Gerak.

Topic: Physics

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ZDnu4KWc7Cp9

Web Format | Corresponding Author (siti sachlia)