SKF 2015 Conference

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XII SMA KOTA DURI DITINJAU DARI FAKTOR GURU
Dea Nurul Utami, S. Pd

Institut Teknologi Bandung


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi miskonsepsi yang terdapat pada guru serta melihat pengaruh kinerja guru (berdasarkan sudut pandang siswa) terhadap miskonsepsi siswa di kelas XII SMA Kota Duri pada awal semester pertama tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa SMA/MA Kota Duri dengan jumlah 6 orang guru dan 162 orang siswa. Untuk mendeteksi penyebab miskonsepsi guru, digunakan 18 soal yang diadopsi dari jurnal Dr. Sparisoma Viridi, rer. nat. Kemudian untuk melihat penyebab miskonsepsi siswa yang berasal dari faktor guru, dilihat dari 4 indikator yang diteliti yaitu penguasaan bahan, lulusan dari bidang ilmu yang sesuai, persentase pemberian kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dan relasi antara guru dengan siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah soal tes miskonsepsi dan kuesiner kinerja guru berdasarkan sudut pandang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan skor rata-rata dan dalam penentuan penyebab yang dominan digunakan teknik persentase. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pada umumnya guru SMA/MA Kota Duri mengalami miskonsepsi. Namun jika dilihat dari persepsi siswa, kinerja guru cendrung berada pada kategori baik.

Keywords: Miskonsepsi Guru, Kinerja Guru, Persepsi Siswa.

Topic: Physics

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ZE6PzhURerbC

Web Format | Corresponding Author (Dea Nurul Utami)