SNIPS 2015 Conference

Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen dan Non-Eksperimen Berbasis Inkuiri Terstruktur yang Dikembangkan pada Subpokok Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia
Anita Marina Maryati*, Yayan Sunarya, Kurnia

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) eksperimen dan non-eksperimen berbasis inkuiri terstruktur pada subpokok materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. LKS yang dikembangkan sebanyak tiga LKS; (1) LKS eksperimen pada materi pokok Pengaruh Pengubahan Konsentrasi terhadap Sistem Kesetimbangan, (2) LKS non-eksperimen pada materi pokok Pengaruh Pengubahan Suhu terhadap Sistem Kesetimbangan, dan (3) LKS non-eksperimen pada materi pokok Pengaruh Pengubahan Tekanan terhadap Sistem Kesetimbangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (Education Reasearch and Development) dengan model 4 D (define, design, develop, disseminate). Penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap develop. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi praktikum, lembar observasi pembelajaran, dan angket. Dari tahap design, diperoleh hasil optimasi prosedur praktikum yaitu konsentrasi minimum masing-masing reaktan (larutan FeCl3 dan larutan KSCN) adalah 0,01 M, dan larutan yang dipakai sebagai zat penggeser kesetimbangan ke arah reaktan adalah larutan NaOH 1 M. Dari tahap develop, diperoleh hasil yaitu keterlaksanaan praktikum tergolong sangat baik dengan persentase 89,6%, tanggapan siswa terhadap LKS eksperimen tergolong baik dengan persentase 77,7% dan tanggapan siswa terhadap praktikum tergolong sangat baik dengan persentase 80,8%. Keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik dengan persentase 95,7%, sedangkan tanggapan siswa untuk LKS non-eksperimen tergolong baik dengan persentase 79,6%. Penilaian guru terhadap LKS eksperimen hasil pengembangan adalah LKS tersebut mudah dipahami dan dapat digunakan oleh siswa dengan prestasi tinggi maupun prestasi rendah, kalimat yang digunakan cukup baik, serta desain LKS menarik.

Keywords: pengembangan lembar kerja siswa; LKS eksperimen; LKS non-eksperimen; optimasi prosedur praktikum; inkuiri terstruktur

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ZMDjFQ3mGWqw

Web Format | Corresponding Author (Anita Marina Maryati)

PDF (381 kB)