Pengembangan Beberapa Model Pembelajaran Interaktif Melalui Media Roket Air di Sekolah Alam Bandung dan di sekolahalam minangkabau
Aldino Adry Baskoro (a*,b), Avivah Yamani (b)
a) sekolahalam minangkabau
Jalan Ujung Pandang No 11, Padang 25135, Indonesia
*aldino.a.baskoro[at]gmail.com
b) langitselatan
Bandung
Abstract
Pada makalah ini dibahas tentang pemanfaatan media roket air di Sekolah Alam Bandung (SAB) dan sekolahalam minangkabau (SAM) dalam pembelajaran sains (IPA) di tingkat pendidikan dasar. Peluncur roket air yang digunakan adalah peluncur hasil desain peneliti yang telah dikembangkan sejak tahun 2008. Pembelajaran dengan media roket air disajikan secara interaktif yang disampaikan melalui metode eksperimen dan problem solving. Kaitan materi-materi pembelajaran disesuaikan dengan tingkatan kelas sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar di dalam kurikulum. Dari hasil kegiatan roket air yang diperkenalkan mulai dari kelas 4 di SAB maupun di kelas 6 di SAM ditemukan bahwa para siswa sangat menyenangi kegiatan ini. Berdasarkan hal tersebut, beberapa model pembelajaran berbasis aktivitas roket air dikembangkan tidak hanya sebatas pembuatan dan peluncuran roket standar berbahan botol minuman soda volume 600 ml dan 1,5 liter. Adapun pengembangan aktivitas yang memanfaatkan media roket air antara lain pembuatan dan peluncuran roket panjang, roket berparasut, roket berkamera, simulasi pendaratan rover, proyek pembuatan peluncur mandiri, dan roket air dua tingkat. Hasil dari berbagai kegiatan roket air yang telah dilakukan di SAB dan di SAM disusun dalam urutan kegiatan yang berjenjang mulai dari kelas IV, V, dan VI.
Keywords: roket air, interaktif, eksperimen
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/ZmdcekHYf8Vb