ANALISIS KAPASITAS LANDAS PACU (RUNWAY) PADA BANDAR UDARA INTERNASIONAL SENTANI JAYAPURA
Ronaldo, Luky Surachman
Universitas Trisakti
Abstract
Landas pacu merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu sistem di bandar udara karena landas pacu merupakan tempat beroperasinya pesawat udara melakukan lepas landas maupun mendarat. Efisiensi kinerja landas pacu pada bandar udara dilihat dari berbagai macam faktor pengoperasian yang ada seperti teknologi yang dipakai dan lain lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas tingkat pelayanan yang berada di runway dan mengetahui karakteristik jenis pesawat udara yang dilayani oleh Bandar Udara Sentani Jayapura. Metode yang di pakai untuk menghitung kapasitas runway menggunakan metode FAA (American Federal Aviation Administration) yang berdasarkan data pergerakan pesawat udara dan karakteristik pesawat udara. Dari hasil perhitungan dengan metode FAA mendapatkan hasil yang sangat berpengaruh yaitu Hourly Capacity Base yang berlandaskan dari data Mix Index. Hasil analilis 5 tahun mendatang yaitu tahun 2023 didapatkan hasil pergerakan pesawat udara pada jam sibuk (Peak Hour) sebanyak 58 pergerakan per jam dan 67131 pergerakan pesawat udara per tahunya, dan memiliki hasil Critical Landing Space 1.03 menit per pesawat udara melakukan pergerakan di landas pacu, Hal tersebut membuktikan bahwa kapasitas bandar udara Sentani Jayapura mengalami kapasitas yang sangat jenuh.
Keywords: Kata kunci : landas pacu; FAA; Critical Landing Space; Hourly Capacity Base; kapasitas;
Topic: Produktifitas dan Efektifitas Kinerja Komponen Lingkungan Terbangun