Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA melalui Metode Missouri Mathematics Project dan Metode Experiential Learning
Aldwin Urian, Horasdia Saragih
Universitas Advent Indonesia
Abstract
Metode Missouri Mathematics Project (MMP) dan metode Experiential Learning (EL) adalah metode pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Oleh karena itu pada penelitian ini kedua metode ini, diinvestigasi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IIS 1 dan siswa kelas XI IIS 2 SMA Pasundan 8 Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran MMP berada pada kategori sedang. Sedangkan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh metode EL berada pada kategori rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh metode pembelajaran MMP dan siswa yang memperoleh metode EL.
Keywords: Penalaran Matematis, Metode Missouri Mathematics Project, Metode Experiential Learning
Topic: Pembelajaran