Materi Pembelajaran Garis dan Sudut untuk siswa SMP/MTs dengan pendekatan Matematika Realistik
Kamaruddin dan Prof Dr M Salman AN
Institut Teknologi Bandung
Abstract
Setiap warga negara Indonesia dimanapun berada berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas, sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang dasar 1945. Namun pada kenyataannya, kemajuan pendidikan di Indonesia masih belum merata, hal ini dapat di lihat dari seringnya siswa-siswi indonesia menjuarai ajang olimpiade internasional baik di bidang sains maupun dibidang pelajaran matematika, hal ini menggambarkan bahwa anak-anak indonesia mampu bersaing diajang olimpiade internasional secara individual. Akan tetapi apabila kita melihat prestasi siswa indonesia di ajang PISA (Programme for International Student Assessment) pada bidang matematika siswa indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Dengan kata lain, secara umum kemampuan siswa indonesia untuk mengidentifikasi, memahami, serta menggunakan dasar-dasar matematika dalam menghadapi permasalahan matematika pada kehidupan sehari-hari masih sangat jauh dibawah standar Internasional, sehingga penulis berinisiatif untuk memberikan sumbansi yang nyata dalam peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan di indonesia dengan jalan penyusunan buku ajar matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) /Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas 7 semester 2 dengan pendekatan realistik. Penyusunan buku ajar matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut di atas. Penyusun materi ajar berupa buku untuk mengembangkan pemahaman konsep, kelancaran prosedur, kompetensi strategis, penalaran adaptif, disposisi produktif dan karakter siswa serta menanamkan nilai-nilai keagamaan pada materi matematika di kelas 7 semester 2 yaitu materi garis dan sudut. Penyajian materi dikemas dengan pendekatan pendidikan matematika realistik serta dengan prinsip penemuan terbimbingi dengan tujuan agar sifat dan rumus-rumus matematika tidak mudah dilupakan siswa.
Keywords: pissa, buku pelajaran matematika, pendekatan realistik,
Topic: Pembelajaran