SNIPS 2015 Conference

MEMANFAATKAN SUMBERDAYA ALAM ACEH UNTUK BELAJAR FISIKA (Persiapan dosen fisika dalam prodi Fisika dan pendidikan Fisika)
Dona Mustika*, Yeni Tirtasari, Syarifah Suniati, Lilik Hendrajaya

Institut Teknologi Bandung


Abstract

Daerah Aceh terbentuk dari hasil subduksi tumbukan antara lempeng Eurasia (di atas) dan lempeng Samudra Hindia ( di bawah ). Dengan adanya bukaan (spreading) di Andaman , daerah Aceh terbelah membujur oleh Patahan Sumatra. Daerah ini cukup panas tertandai adanya kegempaan tinggi, Patahan Sumatra yang aktif, beberapa gunungapi dan kaldera besar Toba dan di selat antara P. Weh dan pulau Sumatra. Mineralisasi cukup kuat baik dengan terdapatnya urat-urat mineral di pegunungan, batuan metamorf dan mineral hasil pelapukan yang terendapkan dicekungan-cekungan termasuk cebakan hidrokarbon. Permukaan bumi bermorfologi tebing dan jurang tertitupi hutan (masih lebat ). Pengelolaan sumberdaya alam akan menghasilkan rekayasa, penerapan teknklogi produksi dan seharusnya juga pemeliharaan lingkungan hidup. Dari fenomena alam dan kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memahami fisika secara kontekstual. Struktur belajar fisika : fisika matematika, kinematika, mekanika, listrik-magnet, optika, gelombang , panas dan termodinamika, fenomena kuantum dapat dicarikan kontekstualnya. Demikian juga termasuk membuat modul-modul praktikum fisika alamnya

Keywords: tektonik daerah Aceh, sumberdaya alam, fisika kontekstual, praktikum fisika alam

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/aQkfHAu2KXy3

Web Format | Corresponding Author (Dona Mustika)

PDF (649 kB)