Evaluasi Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli dan Keputusan Pembelian: Studi Kasus Oleh-Oleh Kota Medan
Yulinda, Ishbir Mujahid Adha
Universitas Sumatera Utara
Abstract
Kesadaran masyarakat dunia terkait isu halal semakin meningkat. Pendekatan halal dalam pemasaran juga semakin berkembang sehingga muncul konsep halal appeal. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim yang sensitif terhadap isu halal. Perkembangan halal dalam usaha cinderamata belum optimal diterapkan di wilayah Kota Medan dengan banyaknya usaha tidak memiliki sertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh halal appeal bersama dengan pendekatan sosial media dan rekomendasi dalam membentuk perilaku konsumen dalam minat beli dan keputusan pembelian. Sebanyak 100 mahasiswa islam yang berasal dari luar Kota Medan berpartisipasi dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner penelitian. Data dianalisis dan dievaluasi dengan model persamaan struktural partial least square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa meskipun halal memiliki peranan penting dalam memunculkan minat beli dari konsumen muslim, namun untuk kasus cinderamata pengaruh ini tidak signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Keputusan pembelian lebih dipengaruhi oleh minat beli, rekomendasi, serta eksposur pemasaran melalui sosial media.
Keywords: Halal Appeal, Social Media Appeal, Rekomendasi, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Topic: Manajemen Pemasaran