SNIPS 2016 Conference

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) pada Pokok Bahasan Fluida Statis kelas X SMA
Fanny Mutia Sari*, Vina Serevina, Betty Zelda Siahaan

Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
Jl. Pemuda No. 10, Jakarta 13220
*mutiasarifanny41[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berbentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis PDEODE untuk SMA kelas X pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Langkah-langkah dari model pembelajaran PDEODE yaitu prediksi, diskusi I, presentasi I, observasi, diskusi II dan presentasi II. Langkah-langkah dalam mengembangkan LKS yaitu analisis, mendesain LKS, pembuatan LKS, revisi dan penyempurnaan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan kepada 50 siswa menunjukkan bahwa 80% siswa menyatakan menginginkan pengembangan suatu media pembelajaran serta 70% menyatakan guru disekolah belum menggunakan LKS berbasis PDEODE pada materi fluida statis. Mengacu pada hasil survei LKS ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan teknik penyajian yang mempermudah siswa dalam memahami konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil uji keterbacaan kepada siswa SMA diperoleh rerata skor komponen materi 83%, bahasa 70%, teknik penyajian 83% dan kegrafikan 67%. Skor 83% menyatakan materi dalam LKS mudah dipahami dan skor 70% menyatakan LKS mempermudah siswa dalam melakukan percobaan fisika. Berdasarkan hasil uji keterbacaan yang telah dilakukan memperoleh penilaian yang baik. Hasil penelitian pengembangan LKS diharapkan dapat dijadikan bahan ajar pendukung dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan fluida statis.

Keywords: LKS, PDEODE, ADDIE, Fluida Statis

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ahZreCWUmkQK

Web Format | Corresponding Author (Fanny Mutia Sari)

PDF (584 kB)