Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Kimia ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa
Anik Pujiati dan Novrita
Universitas Indraprasta PGRI
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif kimia ditinjau dari gaya kognitif mahasiswa. Eksperimen dilakukan dengan sampel mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI yang terdiri dari 30 mahasiswa dengan model pembelajara PBL dan 30 mahasiswa dengan model membelajaran ekspositori. Pengumpulan data dengan tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif kimia serta pemberian kuesioner gaya kognitif mahasiswa. Analisa data penelitian menggunakan MANOVA dengan desain faktorial 2x2 dangan bantuan program SPSS. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif terhadap model pembelajaran (sig < 0,05).(2)Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif terhadap gaya kognitif (sig > 0,05).(3)Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa (sig > 0,05).
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Kognitif
Topic: Pembelajaran