ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP KEBUTUHAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP KOTA JAMBI
Pauline DewiTriani, S.Pd1), Prof.Dr.M.Rusdi, M.Sc2),
1) Mahasiswa Magister Program Studi Pendidikan KimiaUniversitas Jambi, Jambi Email:dwitirani93[at]gmail.com
2) DosenProgramStudi Pendidikan KimiaUniversitas Jambi, Jambi
Abstract
Artikel ini melaporkan hasil penelitian yang berhubungan dengan persepsi guru IPA terhadap kebutuhan perangkat pembelajaran berpendekatan pemecahan masalah di Kota Jambi.Sejauh mana guru IPA dalam memahami pendekatan pemecahan masalah serta hal-hal apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran juga dilaporkan. Metode deskriptif kualitatif telah digunakan pada penelitian ini.Data dari tiga orang responden yang dipilih secara random dikumpulkan menggunakan metode wawancara.Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua responden setuju terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berpendekatan pemecahan masalah.Namun,peneliti menemukan bahwa guru hanya sekedar tahu apa itu pendekatan pemecahan masalah, guru juga kurang memahami penerapan penggunaan pendekatan pemecahan masalah. Selain itu, guru masih menggunakan perangkat pembelajaran yang belum berbasis pemecahan masalah saat mengajar. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berpendekatan pemecahan masalah belum banyak ditemukan disekolah. Untuk itu perlu dilakukannya kegiatan penelitian lanjutan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk dapat memecahkan masalah yang sesungguhnya.
Keywords: persepsi guru, perangkat pembelajaran, pendekatan pemecahan masalah, Pembelajaran IPA.
Topic: Pembelajaran (EDU)