SNIPS 2016 Conference

Inkorporasi Kegiatan Kelas dan Laboratorium Menggunakan Pengembangan Set Praktikum Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa
Sifa Alfiyah*, Fauzi Bakri, dan Raihanati

Universitas Negeri Jakarta


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set praktikum fluida dinamis sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas XI yang mengintegrasikan kegiatan kelas dan laboratorium dalam pencapaian meningkatkan pemahaman materi ajar fluida dinamis kepada siswa. Penelitian dilakukan di SMA N 81 Jakarta, SMA N 89 Jakarta, dan SMA N 115 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan, metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada proses penelitian pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu (1) mengkaji tuntutan standar kurikulum 2013, (2) perancangan media dan pembuatan, uji keterbacaan atau uji skala kecil, pengembangan, dan uji tenaga ahli (3) tahap implementasi, diuji cobakan terhadap guru Fisika dan siswa SMA kelas XI kedalam kegiatan belajar mengajar. Instrumen penilaian menggunakan skala Likert. Hasil pengembangan set praktikum fluida dinamis menghasilkan alat yang terdiri dari tangki besar lubang kecil (TBLK) diameter lingkar dalam 0,8 cm dan 1,6 cm sebanyak lima lubang dengan variasi ketinggian, TBLK diameter lingkar dalam 0,8 cm dengan variasi sudut 20,5o dan 30o sebanyak lima lubang dengan variasi ketinggian, venturimeter dengan manometer yang berisikan fluida minyak, venturimeter tanpa manometer, bak tampung fluida besar, manual book dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Hasil uji set praktikum fluida dinamis terhadap tenaga ahli, guru, dan siswa memperoleh tingkat penilaian yang sangat baik yaitu berada pada rentang interpretasi skor 81-100%. Hasil uji pelaksanaan inkorporasi kegiatan kelas dan laboratorium di dalam pembelajaran menunjukan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa.

Keywords: Set Praktikum Fluida Dinamis, Penelitian dan Pengembangan, Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI.

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/bTdMB6u9y2Qf

Web Format | Corresponding Author (SIFA ALFIYAH)