DESAIN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI KALOR
Saprudin (1), Samad Hasyim Jamlean (2)
Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun
Abstract
Pada pelaksanaan kurikulum 2013, model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang ditekankan untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika. Namun, tidaklah sedikit guru fisika di Kota Ternate yang ditemukan masih mengalami kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran materi kalor dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Adapun penelitian yang dilakukan baru sampai pada tahap Desain. Uji coba produk dilakukan pada beberapa guru fisika SMP/ MTs dan SMA/ MA di Kota Ternate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang ditujukan untuk ahli materi, ahli media video, dan guru sebagai pengguna produk. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa produk media video model pembelajaran berbasis masalah pada materi kalor dinyatakan layak dan dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran tersebut.
Keywords: Media video, Model pembelajaran berbasis masalah, kalor
Topic: Inovasi (INV)