IMPLEMENTASI PENDEKATAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF
Carni, Johar Maknun, dan Parsaoran Siahaan
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada siswa SMA kelas X sebagai dampak implementasi pendekatan ICARE pada materi listrik dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental. Desain penelitian one-group-pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Jawa Barat yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelementasi pendekatan ICARE secara umum meningkat dengan kategori sedang. Hasil ini diindikasikan oleh rata-rata skor gain yang dinormalisasi keterampilan berpikir kreatif meningkat sebesar 0.52 dengan kategori sedang. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif ini dikarenakan dilatihkan pada pendekatan ICARE pada tahap application.
Keywords: Pendekatan ICARE, Keterampilan Berpikir Kreatif, Listrik Dinamis
Topic: Pembelajaran