Penerapan Strategi Writing to Learn untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Gerak Lurus
Iqlima Hikmawati*, Parlindungan Sinaga, dan Irma Rahma Suwarma
Departemen Pendidikan Fisika
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi gerak lurus dengan menggunakan strategi writing to learn dan bagaimana hubungan antara kualitas menulis dengan peningkatan kognitifnya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ialah siswa SMA kelas X-MIA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif dan rubrik penilaian kualitas tulisan. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi writing to learn dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi gerak lurus dengan persentase rata-rata gain yang dinormalisasi berada pada kriteria sedang dengan effect size berada pada kriteria tinggi. Hubungan antara kualitas menulis dengan peningkatan kemampuan kognitif memiliki derajat kedekatan pada kategori tinggi
Keywords: strategi writing to learn, kemampuan kognitif
Topic: Pembelajaran