SNIPS 2016 Conference

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing menggunakan Bahan Ajar Multimodus Visualisasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami pada Fisika (Studi Literatur)
Rani Alfiah*, Dadi Rusdiana, dan Wawan Setiawan

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Fisika sebagai salah satu ranah sains berisi pengetahuan, proses dan sikap ilmiah. Pembelajaran fisika diperoleh melalui rangkaian observasi dan penyelidikan berbasis penemuan atau inkuiri. Inkuiri terbimbing sebagai salah satu pembelajaran inkuiri memberikan peran pada guru untuk mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang mampu merangsang siswa menemukan alternatif solusi. Pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengalaman secara langsung pada siswa dalam menemukan dan membuktikan suatu teori. Implementasi suatu model pembelajaran memerlukan bahan ajar sebagai penunjang aktivitas pembelajaran. Bahan ajar memberikan dukungan yang positif bagi guru ketika memberikan dan mengarahkan proses pembelajaran. Fisika tidak hanya berkaitan dengan teori yang bersifat nyata namun juga abstrak yang akan lebih optimal ketika disampaikan melalui pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan bahan ajar berbantuan komputer. Bahan ajar menggunakan multimodus visualisasi adalah salah satu alternatif bahan ajar yang mengembangkan berbagai pencitraan visual dengan dukungan komputer dalam kegiatan pembelajaran, baik melalui representasi gambar, video, laboratorium virtual atau animasi. Keunggulan bahan ajar ini (1) menyediakan siswa untuk belajar dengan cepat, (2) memfasilitasi pembelajaran, dan (3) memberikan harapan untuk mengulang isi pembelajaran di luar sekolah. Sehingga kemampuan memahami yang merupakan kemampuan prasyarat dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika menuju jenjang koognitif selanjutnya dapat tercapai.

Keywords: pembelajaran, inkuiri terbimbing, bahan ajar multimodus visualisasi, kemampuan memahami

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/c7pMDKNWHReu

Web Format | Corresponding Author (Rani Alfiah)