Analisis Konten Website Teachengineering.org dan Tryengineering.org untuk Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Siswa Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013
Septian Ulan Dini(a*)
a) SMAS Sugar Group, Site PT. Gula Putih Mataram, Lampung Tengah
*septianulandini[at]gmail.com
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Kompetensi Dasar (KD) pada Permendikbud No. 24 tahun 2016 yang potensial untuk pembelajaran berbasis STEM (2) konten dalam website teachengineering.org dan tryengineering.org yang sesuai untuk pembelajaran fisika siswa kelas XI berbasis STEM berdasarkan kurkulum 2013. Subjek penelitian adalah website teachengineering.org dan tryengineering.org. Prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan KD pada Permendikbud No. 24 tahun 2016 potensial untuk pembelajaran berbasis STEM (2) beberapa konten dalam website teachengineering.org dan tryengineering.org sesuai untuk pembelajaran fisika siswa kelas XI berbasis STEM berdasarkan kurkulum 2013.
Keywords: konten website, pendekatan STEM, pembelajaran fisika
Topic: Pembelajaran