FMI 2019 Conference

Sensitifitas Sosial dalam Pengembangan Start-ups Berkelanjutan
Vincent Rinaldi dan Luh Putu Mahyuni

Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas University)


Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi beberapa tahun terakhir telah mendorong bermunculannya berbagai start-ups yang dalam waktu singkat mampu menggeser dominasi usaha konvensional mapan. Start-ups yang banyak diinisiasi anak muda Indonesia beberapa berhasil melejit dalam waktu singkat menjadi ‘Unicorn-Unicorn- baru. Akan tetapi, banyak juga start-ups yang tidak mampu berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan usaha start-ups. Studi kasus mendalam dilakukan terhadap start-ups lokal Bali yang telah berhasil mengembangkan usahanya. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa motivasi kuat para founders untuk berkontribusi memberi solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha start-ups yang dikembangkannya. Beberapa faktor lainnya antara lain: pengalaman dan kemampuan founders merumuskan strategi pemasaran digital yang tepat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi upaya pengembangan start-ups berkelanjutan.

Keywords: Startups Berkelanjutan, Strategi Bisnis Digital, Sensitifitas Sosial

Topic: Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis

Link: https://ifory.id/abstract-plain/cpTDJCkvn8w2

Web Format | Corresponding Author (Luh Putu Mahyuni)