Survey Konsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Listrik Statis Menggunakan TKLS dengan format Tes Pilihan Ganda Respon Terbuka
Uswatun Khasanah dan Agus Setiawan.
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian tentang diagnosis konsep listrik statis dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Pendidikan Fisika yang mengalami miskonsepsi dan tidak paham konsep berdasarkan kajian di dunia internasional dan Indonesia. Untuk mendiagnosis konsepsi mahasiswa calon guru terkait konsep listrik statis menggunakan Tes Konsep Listrik Statis (TKLS) dengan format Tes Pilihan Ganda Respon Terbuka. Sampel penelitian dilakukan terhadap 19 mahasiswa calon guru Fisika. Survey dilaksanakan pada semester Genap Tahun Akademik 2014/2015 di salah satu Program Studi Pendidikan Fisika LPTK di Jawa Barat. Berdasarkan survey tersebut didapatkan data miskonsepsi, konsep benar, dan tidak paham konsep. Reliabilitas TKLS yaitu 0,7 dan validitasnya 0,54. Penelitian survey ini akan menjadi dasar pijakan peneliti atau penelitian pendahuluan bagi peneliti untuk melakukan penelitian lanjut.
Keywords: Konsepsi, Listrik Statis, TKLS, Tes Pilihan Ganda Respon Terbuka
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/dL4MbfVYZRzh