FMI 2019 Conference

Peran Sosial Media Marketing bagi Fashionpreneur Sebagai Upaya Peningkatan Ekuitas Merek dan Loyalitas Konsumen
Raditha Hapsari, Aris Mukti Nizami

Jurusan manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.


Abstract

Membangun sosial media marketing yang baik bagi pelaku industri fashion merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh organisasi bisnis pada era digital ini guna mempertahankan loyalitas konsumen terhadap merek atau produk. Penelitian ini menyelidiki peran sosial media merketing dalam mempertahankan loyalitas konsumen dan hubungannya dengan kesadaran merek, kepercayaan merek, dan perceived value. Self-administered questionnaire digunakan sebagai atribut pengumpulan data, dengan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM). dan hasil penelitian membuktikan bahwa sosial media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perceived value, kepercayaan merek dan kesadaran merek. Selain itu, hasil uji hipotesis juga menyebutkan bahawa kesadaran merek, kepercayaan merek dan perceived value akan secara positif meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kegiatan sosial media marketing guna meningkatkan kegiatan pemasaran yang mampu mendorong pelaku industri fashion dalam meningkatkan ekuitas merek dan mempertahankan loyalitas konsumen di era digital.

Keywords: sosial media marketing, trust, kesadaran merek, perceived value, loyalitas konsumen

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/dqeFzLtEw8Qm

Web Format | Corresponding Author (Raditha Hapsari)