SNIPS 2016 Conference

Analisis Intrumen Tes Diagnostik Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFFCI) Bentuk Four-Tier Test pada Beberapa SMA di Bandung Raya
Nasihun Amin1, Achmad Samsudin1, Wiendartun1

1 Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Telah dilakukan penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa SMA di Bandung Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi siswa SMA di Bandung raya pada konsep dinamika fluida melalui instrumen tes diagnostic: Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFCCI) bentuk Four-Tier Test. Penelitian kuantitatif deskriptif ini dianalisis menggunakan persentase jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi maupun yang menguasai konsep pada fluida dinamis untuk jenjang SMA. Intrumen tes diagnostic DFCCI diteskan pada 76 siswa untuk tiga sekolah negeri di Bandung Raya, masing-masing sekolah terdiri dari; sekolah A: 30 siswa; sekolah B: 25 siswa; dan sekolah C: 21 siswa. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat dianalisis bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 18%, tidak paham konsep 15%, memahami konsep 31%, paham sebagian 34% dan tidak dapat dikodekan sebesar 2% untuk sekolah A. Untuk sekolah B diperoleh data pada kategori miskonsepsi sebesar 17%, tidak paham konsep 19%, memahami konsep 24%, paham sebagian 33% dan tidak dapat dikodekan sebesar 7%. Sedangkan sekolah C diperoleh data miskonsepsi sebesar 29%, tidak paham konsep 24%, memahami konsep 19%, paham sebagian 27% dan tidak dapat dikodekan sebesar 1%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa sekolah A memiliki penguasaan konsep paling baik dibandingkan sekolah B dan C. Sedangkan sekolah yang memiliki miskonsepsi paling rendah adalah sekolah B dibandingkan sekolah A dan C.

Keywords: Tes diagnostic, Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFFCI), Four-Tier Test, SMA

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/e9dGNthU4Dxu

Web Format | Corresponding Author (Nasihun Amin)

PDF (521 kB)