SNIPS 2016 Conference

Pengembangan Bahan Ajar Pendukung Berupa Majalah Elektronik Fisika pada Materi Pemanasan Global SMA Kelas XI
Widiya Wiyanti (*), Raihanati, Riser Fahdiran

Pendidikan Fisika, FMIPA
Universitas Negeri Jakarta
*widiyawiyanti[at]yahoo.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pendukung berupa majalah elektronik fisika yang dapat digunakan sebagai pendukung bahan ajar utama yang bersifat mandiri pada materi Pemanasan Global SMA kelas XI. Materi ini adalah materi baru dalam mata pelajaran fisika yang mulai diterapkan pada Kurikulum 2013. Menurut observasi awal yang telah dilakukan kepada guru dan peserta didik di beberapa sekolah di Jakarta, diketahui bahwa peserta didik kurang memahami materi pemanasan global hanya dengan mempelajarinya melalui buku cetak yang menjadi bahan ajar utama. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar pendukung yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada teori Borg dan Gall yang telah dimodifikasi tanpa mengurangi esensinya, dengan langkah-langkah: (1) persiapan dan studi literatur, (2) perencanaan, (3) pengembangan majalah elektronik, (4) validasi, (5) uji coba lapangan, (6) penyempurnaan produk, (7) produk hasil. Hasil dari penelitian ini adalah majalah elektronik fisika yang akan ditindaklanjuti dengan memvalidasi bahan ajar ini kepada ahli materi dan ahli media, serta mengujicoba kepada guru dan peserta didik SMA.

Keywords: bahan ajar pendukung, majalah elektronik fisika, pemanasan global

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/eAkVX8DUg6qB

Web Format | Corresponding Author (Widiya Wiyanti)