SNIPS 2016 Conference

PENINGAKATAN LITERASI SAINS DALAM DOMAIN KOMPETENSI SETELAH DITERAPKANNYA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TOPIK PEMUAIAN DI SMP
Rakhmawati Muliana Putri*, Setiya Utari, dan Saeful Karim

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Literasi Saintifik (LS) merupakan pengetahuan dan kompetensi sains yang digunakan untuk memecahkan persoalan dan pengambilan keputusan (OECD, 2013). LS dipandang penting untuk mempersiapkan warga negaranya dalam menghadapai tantangan era globalisasi bagi negara maju dan berkembang. Namun, beberapa riset menunjukkan bahwa LS siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata negara lain, dan ada dugaan bahwa LS belum terlatihkan secara optimal dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest dan menggunakan sampel 31 siswa kelas VII yang diperoleh secara random di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, bertujuan untuk meningkatkan domain kompetensi LS pada topik pemuaian dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pengukuran kompetensi LS menggunakan soal essay berjumlah 9 butir soal, dengan reliabilitas 0,84 dan validitas pada rentang 0,43 � 0,75. Peningkatan domain kompetensi LS melalui gain ternormalisasi diperoleh 0,49 untuk kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah, 0,70 untuk kompetensi mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah, dan 0,67 untuk kompetensi menginterpretasikan data dan bukti ilmiah. Ketiganya berada pada kategori peningkatan yang sedang. Pendekatan saintifik yang dipergunakan masih perlu dioptimalkan, terutama pada langkah yang berkaitan dengan kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah.

Keywords: Literasi Sains, Domain Kompetensi, Pendekatan Saintifik

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/f78AeUwGdBZF

Web Format | Corresponding Author (Rakhmawati Muliana Putri)

PDF (338 kB)