SNIPS 2016 Conference

Pengaruh Waktu Belajar dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Kimia
Novrita Mulya Rosa (a*), Anik Pujiati (b)

a) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI,
Jakarta, Indonesia
*muly4ros4[at]gmail.com

b) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI,
Jakarta, Indonesia


Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh waktu belajar dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep kimia. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar berjumlah 40 orang mahasiswa dengan rincian masing-masing kelompok penelitian 20 orang. Pemilihan kelas sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes kemampuan awal dan tes pemahaman konsep kimia, masing-masing menggunakan tes berbentuk uraian. Analisa data penelitian menggunakan teknik ANKOVA dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata pemahaman konsep kimia mahasiswa yang signifikan menurut faktor waktu belajar dengan mengontrol kemampuan awal kimia mahasiswa (F = 6,264 ; p = 0,017). Uji hipotesis satu pihak menggunakan uji t diperoleh nilai t = 2,226 dengan nilai p = 0,032 sehingga disimpulkan bahwa pemahaman konsep kimia mahasiswa yang belajar di pagi hari secara signifikan lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar di sore hari, setelah mengendalikan kemampuan awal mahasiswa.

Keywords: pemahaman konsep kimia, waktu belajar, kemampuan awal

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/fR7vLVtyPZmM

Web Format | Corresponding Author (novrita mulya rosa)

PDF (320 kB)