SNIPS 2016 Conference

Integrasi Student Generated Representations (SGRs) dalam model Learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA
Endang Sulastri

sekolah pasca sarjana Universitas Pendidikan Indonesia,
jurusan Pendidikan Fisika


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pengintegrasian Student Generated Representations (SGRs) dalam meningkatkan keterampilan proses siswa SMA serta melihat konsistensi strategi yang digunakan pada sampel yang berbeda. Sehingga digunakan suatu desain penelitian yang disebut counter balanced. Pada pembelajaran pertemuan 1 dan pertemuan 2, kelas eksperimen (kelas A) memperoleh skor rata-rata n-gain yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol (kelas B). Pada pertemuan selanjutnya yaitu pertemuan 3 dan pertamuan 4, dilakukan pertukaran pembelajaran yang diterapkan. Hasilnya diperoleh bahwa rata-rata n-gain pada kelas eksperimen (kelas B) lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata n-gain pada kelas kontrol (kelas A). Sehingga pengintegrasian strategi SGRs konsiten dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Sedangkan untuk setiap aspek keterampilan proses sains yang diukur secara umum meningkat dengan kategori peningkatan yang berbeda-beda setiap aspek. Rata-rata peningkatan aspek pemahaman konsep adalah 20,6 yang termasuk dalam kategori rendah. Dengan demikian pengintegrasian SGRs dalam Learning Cycle 5E memberikan dampak positif terhadap keterampilan proses sains siswa khususnya pada materi suhu dan kalor meskipun peningkatannya hanya dalam kategori rendah.

Keywords: keterampilan proses sains, SGRs, Learning Cycle 5E

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/fWZ3PQFH4NMV

Web Format | Corresponding Author (Endang Sulastri)