FMI 2019 Conference

Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Ditinjau Dari Bukti Fisik, Daya Tanggap dan Jaminan Studi pada RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, WONOGIRI
Istiatin, Luhgiatno

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Batik Surakarta,
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Nusantara


Abstract

Berbagai kegiatan pelayanan semua bertujuan untuk menciptakan kepuasan, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan kepuasan pasien rawat inap non BPJS RS Dr Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, ditinjau dari bukti fisik, daya tanggap dan jaminan baik simultan maupun parsial . Metodologi penelitian yang di gunakan dengan desain kuantitatif diskriptif. Penelitian ini dilakukan di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat inap non BPJS, sejumlah 269 pasien, dengan menggunakan sampel sebanyak 73. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan quesioner. Data dianalisa dengan statistik dan diolah menggnakan program SPSS. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa kepuasan pasien RSUD Dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri sangat tergantung pada bukti fisik, daya tanggap dan jaminan secara bersama-sama. Kepuasan pasien rawat inap sangat tergantung juga dengan masing-masing bukti fisik yang bagus, daya tanggap yang tinggi, pasien juga sangat tergantung dengan jaminan yang bisa dipercaya. Hal tersebut berdasar hasil analisa dengan program SPSS, bahwa F hitung > F tabel , nilai sig < 0,05,maupun Uji t bahwa t hitung >t tabel dengan nilai sig < 0,05 , menunjukkan bahwa kepuasan sangat dipengaruhi oleh tiga faktor diatas yakni bukti fisik, daya tanggap dan jaminan.

Keywords: kepuasan pasien, bukti fisik, daya tanggap, jaminan

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/fq3uFZpw2dXa

Web Format | Corresponding Author (LUHGIATNO LUHGIATNO)