Fenomena Green Gap dan Segmentasi Green Consumers
Andhy Setyawan, Fandy Tjiptono, Tuwanku Aria Auliandri
Universitas Surabaya, Victoria University of Wellington, Universitas Airlangga
Abstract
Selama ini isu sustainabilitas telah menjadi wacana penting dalam literatur bisnis dan pemasaran. Inisiatif dan program yang bertujuan mendorong bertumbuh-kembangnya perilaku peduli lingkungan banyak dikampanyekan di mana-mana, termasuk di Indonesia. Sejumlah survei menyimpulkan bahwa konsumen saat ini peduli pada isu-isu sustainabilitas seperti lingkungan hidup, memiliki sikap positif terhadap pembelian green products dan menunjukkan niat positif untuk membeli green products. Sayangnya, hasil positif di survei-survei tersebut tidak selalu berkorelasi positif dengan perilaku aktual dalam konsumsi sehari-hari. Kesenjangan atau inkonsistensi antara apa yang dikatakan (sikap terhadap pembelian green products) dan apa yang dilakukan (pembelian green products) dikenal dengan istilah ‘green gap-. Artikel ini meneliti fenomena green gap dan menguji tipologi green consumers berdasarkan sikap terhadap pembelian green products dan perilaku pembelian green products sebagai basis segmentasi green consumers. Hasil kajian empiris mendukung eksistensi empat segmen berbeda, yakni truly responsible, latent responsible, spurious responsible, dan irresponsible segments.
Keywords: Green gap, green consumers, truly responsible consumers.
Topic: Manajemen Pemasaran