SNIPS 2016 Conference

Analisis Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls dengan menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi yang dipadukan dengan Teknik Pembelajaran "Take-Away"
Ria Trisnia Naufalina (a*), Irma Rahma Suwarma (b), Asep Sutiadi (b)

Pendidikan Fisika FPMIPA UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No.229, Bandung, 40154


Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang bagaimana hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls setelah diterapkan metode pembelajaran demonstrasi yang dipadukan dengan teknik pembelajaran "Take-Away". Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini melibatkan siswa SMA kelas XI di salah satu SMA di kota Tasikmalaya yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda, soal essai dan rubrik penilaian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,71. Kemampuan afektif siswa meningkat pada aspek kejujuran namun mengalami penurunan pada aspek tanggung jawab. Aspek menanggapi pernyataan dan mengajukan pertanyaan yang termasuk kedalam kemampuan psikomotor juga mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan respon positif siswa terhadap teknik pembelajaran "Take-Away". Dengan demikian, teknik pembelajaran "Take-Away" mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls.

Keywords: Teknik pembelajaran "Take-Away", hasil belajar

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/gVz6LjpKfycH

Web Format | Corresponding Author (Ria Trisnia Naufalina)