SNIPS 2015 Conference

REKONSTRUKSI BAHAN AJAR IPA BERMUATAN VIEW OF NATURE OF SCIENCE PADA TOPIK PARTIKEL MATERI DAN KARAKTERISTIK BAHAN
Maharani Savitri

Program Studi Pendidikan IPA
Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau dikenal juga dengan sains merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam dan keteraturan yang ada di dalamnya. Terwujudnya masyarakat berliterasi sains (scientific literacy) adalah salah satu tujuan utama pendidikan sains. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan oleh seorang guru IPA untuk mencapai tujuan tersebut adalah penggunaan bahan ajar relevan yang di dalamnya tidak hanya memuat konten (knowledge of science) tetapi juga memuat knowledge about science terkait hakikat IPA (nature of science). Nature of Science didefinisikan sebagai nilai-nilai dan asumsi yang melekat pada perkembangan lmu pengetahuan sains dan sebagai pembeda antara sains dan nonsains. Aspek-aspek NOS terdiri atas: (a) pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang dapat dipercaya dan bersifat sementara, (b) keberadaannya tidak hanya satu metode ilmiah, tetapi ada beberapa karakteristik bersama pendekatan ilmiah untuk sains seperti penjelasan ilmiah yang didukung oleh bukti empirik, dan diuji terhadap alam, (c) kreativitas berperan dalam pengembangan pengetahuan ilmiah, (d) ada hubungan antara teori dan hukum, (e) ada hubungan antara pengamatan dan kesimpulan, (f) sains mengutamakan objektifitas, meskipun selalu ada unsur kesubjektifan di dalam pengembangan pengetahuan ilmiah, dan (g) konteks sosial dan budaya juga berperanan dalam pengembangan pengetahuan ilmiah. Dengan memasukkan NOS ke dalam standar/kurikulum diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar tentang materi sains, minat terhadap sains, dan pengambilan keputusan terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan sains. Model rekonstruksi bahan ajar yang dilakukan mengadopsi dari Model of Educational Reconstruction (MER) yang dibatasi pada tahap analisis struktur konten dan penelitian pada pembelajaran dan pengajaran. Hasil rekonstruksi bahan ajar IPA ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai perkembangan kognitif siswa.

Keywords: Bahan ajar, nature of science, Model of Educational Reconstruction

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/gc32R8GZk6BM

Web Format | Corresponding Author (Maharani Savitri)

PDF (291 kB)