PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN RITEL TRADISONAL DAN MODERN DI KIJANG KOTA
Muhammad Handi Widiarta; Dwi Septi Haryani
STIE Pembangunan Tanjungpinang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen tentang bauran ritel tradisonal dan ritel modern di kijang kota. Penelitian ini mengunakan sampel 200 orang, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu teknik sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek penelitian dari penelitian ini adalah masyarakat kijang kota khususnya masyarakat barek motor. Analisa data dalam penelitian ini mengunakan uji kualitas data dan juga uji Indenpendent Sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari elemen bauran ritel yaitu produk, harga, lokasi, promosi, pelayanan, dan juga suasana toko tidak terdapat perbedaan persepsi setelah dilakukan pengujian dengan tingkat signifikansi 5% atau < 0,05 dan yang terdapat persamaan persepsi hanya di bauran ritel lokasi, dengan hasil pengujian nilai signifikasi 0,635 > 0,05 untuk bauran ritel lokasi.
Keywords: Persepsi Konsumen, Bauran Ritel, Ritel Tradisional, Ritel Modern
Topic: Manajemen Pemasaran