SNIPS 2015 Conference

STUDI LITERATUR TENTANG �PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN SELF-AFFIRMATION MATEMATIK MAHASISWA�
Ahmad Muzaki

IKIP Mataram


Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya dan cara meningkatkan self-affirmation matematik mahasiswa. Pada dasarnya, Self-affirmation merupakan komponen yang sangat penting dalam diri seseorang. Self-affirmation merupakan kemampuan seseorang untuk menggambarkan kecukupan terhadap dirinya. Di samping itu, self-affirmation mampu melihat aspek positif lain yang ada pada diri seseorang yang berakibat pada kemampuan seseorang untuk move on dari masalah yang sedang dihadapi. Salah satu karakteristik matematika adalah penalaran yang digunakan merupakan penalaran deduktif. Hal ini berarti proses pengerjaan matematika harus bersifat deduktif yang memerlukan penalaran logis dan aksiomatik, diawali dengan proses induktif yang meliputi penyusunan konjektur-konjektur baru yang diturunkan melalui aksioma-aksioma atau definisi. Kondisi ini untuk beberapa mahasiswa merupakan masalah yang menimbulkan anxiety matematik pada mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk membangkitkan diri mahasiswa sehingga mereka tidak terjebak hanya pada masalah yang sedang dihadapi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembelajaran teknik hypnoteaching. Pebelajaran dengan teknik hypnoteaching merupakan kegiatan pembelajaran dengan memberikan sugesti positif berupa motivasi dan merilekskan pikiran mahasiswa agar pengetahuan yang didapat bisa dipahami dengan baik.

Keywords: Teknik Hypnoteaching, Self-Affirmation matematik mahasiswa.

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/jUzgm3qREcur

Web Format | Corresponding Author (AHMAD MUZAKI)

PDF (331 kB)