STUDI AWAL PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DAN KENDALA DALAM PELAKSANAAN KEGITAN �PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTsN SEMERAH KERINCI JAMBI
Lina Purwanti (a*), Asrial (b)
Abstract
Artikel ini melaporkan hasil penelitian terkait studi awal persepsi guru terhadap penerapan model kooperatif tipe TGT di MTsN Semerah Kerinci Jambi. Kegiatan pembelajaran dan kendala-kendala yang dihadapi guru juga akan dilaporkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. �Sumber data berasal dari responden yang merupakan guru mata pelajaran IPA terpadu kelas VII MTsN Semerah Data dikumpulkan menggunakan wawancara. � Berdasarkan hasil analisis diperoleh informasi bahwa pengajaran IPA di MTsN Semerah Kerinci Jambi masih berpusat pada guru. Keadaan ini menyebabkan peserta didik �kurang aktif. Pada proses pembelajaran, banyak peserta didik yang tidak berani mengemukakan pendapat. Fasilitas yang kurang dan waktu yang terbatas juga ikut berkontribusi terhadap rendahnya aktiviitas peserta didik dalam pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan mendorong kreatifitas guru dalam pemilihan metode atau model pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran dan memotivasi peseta didik. Model yang dimaksud seperti pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif belum dilaksanakan secara optimal di MTsN Semerah Kerinci Jambi . Temuan ini merekomendasikan pentingnya pelaksanaan penelitian lanjutan dalam usaha mengoptimalkan penerapan model kooperatif bagi guru �IPA di daerah pedesaan seperti Kerinci Jambi.
Keywords: Persepsi Guru, �Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kendala
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/jnKRDAHGTeV2