SNIPS 2016 Conference

KONSISTENSI KONSEPSI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL INTERACTIVE LECTURE DEMONSTRATION PADA MATERI GELOMBANG MEKANIKKONSISTENSI KONSEPSI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL INTERACTIVE LECTURE DEMONSTRATION PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK
Iis Nawati ; Dr. Andi Suhandi, M.Si. ; Duden Saepuzaman, M.Pd.

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang �Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik�. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang konsistensi konsepsi sebagai efek dari penerapan model Interactive Lecture Demonstration dalam materi gelombang mekanik. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental dengan one group posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII pada salah satu SMA di kota Cimahi dan sebagai sampel penelitian adalah para siswa pada satu kelas yang dipilih secara acak kelas dari enam kelas yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes konsepsi gelombang mekanik yang berbentuk three-tier test dan lembar observasi keterlaksanaan model Interactive Lecture Demonstration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi konsepsi siswa untuk konsep faktor-faktor yang mempengaruhinya cepat rambat gelombang tali sebesar 0,48 dengan kategori tidak konsisten, konsep periode gelombang tali sebesar 1,16 dengan kategori tidak konsisten, konsep frekuensi gelombang tali sebesar 0,84 dengan kategori tidak konsisten, konsep frekuensi pada dawai sebesar 1,28 dengan kategori cukup konsisten dan konsep panjang gelombang pada dawai sebesar 0,76 dengan kategori tidak konsisten.

Keywords: Model Interactive Lecture Demonstration, Konsistensi Konsepsi

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/kdhUnXguVqwb

Web Format | Corresponding Author (Iis Nawati)