UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Isgiandini (a*), Ari Widodo (b), dan Agus Setiabudi (b)
(a*) Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Pascasarjana Universias Pendidikan Indonesia
(b) Staf Pengajar Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Studi ini dilakukan untuk mengkaji penerapan pembelajaran melalui Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada topik pencemaran lingkungan yang dilakukan pada sebuah SMP di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain the static group pretest- posttest. Sejumlah siswa kelas VII (N = 50) terlibat sebagai subjek penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan penalaran. Teknik pengolahan data dilakukan melalui uji normalitas dan homogenitas, perhitungan N-gain, dan uji-t dua pihak. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan penalaran siswa yang belajar melalui model PBL dan Pendekatan Saintifik mengalami peningkatan akan tetapi peningkatannya berbeda. Hasil dari analisis data kemampuan penalaran menunjukkan bahwa kelas yang belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan kemampuan penalaran yang lebih tinggi dari pada kelas yang belajar melalui Pendekatan Saintifik.
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, PENDEKATAN SAINTIFIK, KEMAMPUAN PENALARAN
Topic: Pembelajaran