SIM-1 2019 Conference

Analisis Kualitas Layanan UKM Tempe Semanan terhadap Konsumen dengan Metode IPA
Fuji Rahayu Wilujeng, Dicky Andreas

Jurusan Teknik Industri, Universitas Bunda Mulia, Jakarta


Abstract

Tempe adalah makanan yang populer di Indonesia. Tingginya konsumsi tempe tidak hanya terjadi di Indonesia, karena tempe sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Di Indonesia sendiri, tempe biasanya diproduksi oleh usaha kecil menengah (UKM). Salah satu UKM tempe yang berkembang di Jakarta adalah UKM tempe di Semanan. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha dalam bertahan dan bersaing adalah baik atau buruknya tingkat pelayanan kepada konsumen yang diberikan. Kepuasan pelanggan adalah faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan suatu industri untuk mencapai keunggulan dibanding pesaing lain. Oleh karena itu, penelitian ini berguna untuk mengukur kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada UKM tempe di kawasan Semanan. Penulis menggunakan metode Importance and Performance Analysis (IPA) untuk mengolah data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya tiga atribut yang termasuk kedalam kategori prioritas yang berarti kinerja pelayanan UKM tempe belum maksimal terhadap pelanggan. Tiga atribut tersebut adalah kurangnya persediaan tempe saat pelanggan membutuhkannya, sering terjadinya keterlambatan dalam pengiriman tempe kepada pelanggan, kurangnya perhatian pengrajin tempe terhadap saran yang diberikan oleh pelanggan mengenai tempe yang diproduksi.

Keywords: Kualitas Layanan, UKM tempe, Importance and Performance Analysis (IPA)

Topic: Teknologi, Seni dan Lingkungan Terbangun

Link: https://ifory.id/abstract-plain/kuDPFgxG6qpz

Web Format | Corresponding Author (Fuji Rahayu Wilujeng)