Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Luak
Risnawita, S.Pd, M.Si
IAIN BUKITTINGGI
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari konsep matematika di kelas VIII SMP. Diduga salah satu penyebabnya adalah pembelajaran matematika di sekolah berlangsung secara abstrak dan mekanistik. Untuk itu dirancang pembelajaran matematika yang diawali dengan kehidupan nyata siswa dengan menerapakan pembelajaran pendidikan matematika realistik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktifitas belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Luak? dan Apakah hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Luak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik dari pada aktifitas dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Luak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Luak. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Luak yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random sampling setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian Hasil belajar matematika diperoleh dari tes akhir, data aktifitas siswa diperoleh dari lembar observasi.
Keywords: Pendekatan, Pembelajaran Matematika Realistik
Topic: Pembelajaran (EDU)