Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Pendekatan Spiral Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
Kartini Hutagaol dan Dame Lastri Sianturi
Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Universitas Advent Indonesia
Jl. Kolonel Masturi No.288, Parongpong, Bandung 40559 Indonesia
damelastri123[at]gmail.com
Abstract
Pada makalah ini akan diterangkan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Pendekatan Spiral Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah salah satu kemampuan dasar pelajaran matematika. Namun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Penelitian ini adalah studi komparatif bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan siswa yang memperoleh Pendekatan Pembelajaran Spiral; (2) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Pendekatan Pembelajaran Spiral. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII se- Kabupaten Bandung Barat sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B di SMP Negeri 2 Lembang. Hasil penelitian menunjukkan (1) dari dua kelas tersebut, siswa kelas A memperoleh model Team Assisted Individualization (TAI) sedangkan siswa kelas B memperoleh model Pendekatan Spiral sama-sama mengalami peningkatan dan peningkatannya sama-sama tidak signifikan; (2) bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Pendekatan Spiral menujukkan respon yang “sangat senang†terhadap model dan pendekatan yang diterapkan.
Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), Pendektan Spiral dan Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Topic: Pembelajaran