FMI 2019 Conference

Transformational Leadership Sebagai Kunci Membangun Affective Commitment to Change (Studi Pada Distributor PT. Unilever Indonesia Area Yogyakarta)
Muhammad Sirojuddin Amin dan Tuti Hastuti

Universitas Widyagama Malang


Abstract

Perubahan organisasi sering kali memunculkan permasalahan baru. Kesiapan setiap elemen organisasi menjadi hal yang mutlak agar perubahan organisasi dapat tercapai dengan baik. Dukungan terhadap perubahan tercermin dari komitmen anggota organisasi dalam melakukan perubahan organisasi itu sendiri. Pemimpin mempunyai peran penting dalam menciptakan suasana yang kondusif dari setiap aktifitas yang dilakukan organisasi, termasuk juga dalam melakukan perubahan organisasi. Pemimpin diharapkan perannya untuk bisa memotivasi anggota organisasi agar berkomitmen terhadap perubahan organisasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menggunakan program komputer smart PLS 3.2.8. Temuan dari penelitian ini adalah 2 dari 4 komponen transformational leadership yang mampu mendorong affective commitment to change, yaitu idealized influence dan intellectual stimulation, sedangkan 2 lainnya tidak mampu menjadi faktor pendorong komitmen untuk berubah, yaitu inspirational motivation dan individual consideration.

Keywords: Affective Commitment to Change, Structural Equation Modelling Partial Least Square

Topic: Manajemen Sumber Daya Manusia

Link: https://ifory.id/abstract-plain/n73tgm8ZzAGw

Web Format | Corresponding Author (Muhammad Sirojuddin Amin)