Kemampuan Pemecahan Masalah pada Konsep Konduktivitas Panas
Nurjannah1,a), Agus Setiawan2,b), Dadi Rusdiana3,c) dan Muslim3,d)
1Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154
2Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154
3Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154
a) nurjannah_hatu[at]student.upi.edu (corresponding author)
b) agus_setiawan[at]upi.edu
c) ) dadirusdiana[at]upi.edu
d) ) muslim[at]upi.edu
Abstract
Kami telah menyelidiki kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada konsep konduktivitas panas. Kemampuan pemecahan masalah penting untuk diselidiki karena mahasiswa memerlukannya untuk menghadapi masalah fisika di dalam kelas dan menghadapi masalah diluar kelas khususnya terkait aplikasi konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Masalah konsep konduktivitas panas telah diberikan kepada 20 mahasiswa calon guru fisika yang terdaftar di matakuliah Fisika Dasar I. Hasil tes dianalisa dengan metode kualitatif. Analisis data secara umum difokuskan pada kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah konsep konduktivitas panas. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada konsep konduktivitas panas adalah masih pada kategori rendah.
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Konsep Konduktivitas Panas
Topic: Pembelajaran