SNIPS 2019 Conference

Kemampuan Pemecahan Masalah pada Konsep Konduktivitas Panas
Nurjannah1,a), Agus Setiawan2,b), Dadi Rusdiana3,c) dan Muslim3,d)

1Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154

2Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154


3Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154

a) nurjannah_hatu[at]student.upi.edu (corresponding author)
b) agus_setiawan[at]upi.edu
c) ) dadirusdiana[at]upi.edu
d) ) muslim[at]upi.edu


Abstract

Kami telah menyelidiki kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada konsep konduktivitas panas. Kemampuan pemecahan masalah penting untuk diselidiki karena mahasiswa memerlukannya untuk menghadapi masalah fisika di dalam kelas dan menghadapi masalah diluar kelas khususnya terkait aplikasi konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Masalah konsep konduktivitas panas telah diberikan kepada 20 mahasiswa calon guru fisika yang terdaftar di matakuliah Fisika Dasar I. Hasil tes dianalisa dengan metode kualitatif. Analisis data secara umum difokuskan pada kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah konsep konduktivitas panas. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada konsep konduktivitas panas adalah masih pada kategori rendah.

Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Konsep Konduktivitas Panas

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/nMrkjuPBdzFv

Web Format | Corresponding Author (Nurjannah Nurjannah)