Analisis Bahan Ajar Hidrokarbon pada Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia (Penelitian Deskriptif Bahan Ajar Di Tasikmalaya)
Ika Rahayu, S.Pd; Dr. Neneng Windayani, M.Pd; Imelda Helsy, M.Pd
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan menganalisis konten teks konsep hidrokarbon berdasarkan struktur makro dan representasi kimia gambar pada buku teks kimia SMA/MA menggunakan kriteria keterhubungan representasi kimia GKitzia. Hasil analisis konten buku A dibandingkan dengan buku standar pada konsep kunci kimia organik, hidrokarbon, alkana dan sikloalkana, alkena dan alkuna, hidrokarbon aromatik, penamaan hidrokarbon, berturut-turut adalah: 50%, 100%, 31,8%, 47,8%, 12,5%, 59,1%. Sedangkan hasil analisis konten buku B dibandingkan dengan buku standar dengan konsep yang sama berturut-turut adalah: 50%, 83,3%, 59,1%, 52,2%, 12,5%, 59,1%; buku A dan B tidak membahas konsep turunan senyawa hidrokarbon. Hasil analisis representasi gambar menunjukkan kriteria C1 yang paling banyak pada ketiga buku adalah simbolik, dan paling dominan pada buku A sebanyak 77,4%; kriteria C2 pada buku standar dan buku A yang paling banyak adalah implisit, dan paling dominan pada buku A sebanyak 75,8%, sedangkan yang paling banyak pada buku B yaitu eksplisit sebanyak 70,2%; kriteria C3 yang paling banyak pada ketiga buku adalah sepenuhnya terkait dan terhubung, dan paling dominan pada buku standar sebanyak 83,9%; kriteria C4 yang paling banyak pada ketiga buku adalah memiliki caption yang sesuai, dan paling dominan pada buku standar sebanyak 62,9%; serta kriteria C5 pada buku standar dan buku A yang paling banyak adalah kurang terhubung, dan paling dominan pada buku A sebanyak 100%, sedangkan yang paling banyak pada buku B yaitu cukup terhubung sebanyak 69%.
Keywords: Buku Teks, Hidrokarbon, Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia
Topic: Lain-lain (ETC)