PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN BUKU. STUDI KASUS DI PASAR BUKU YOGYAKARTA
Tegar Hakiki Kusuma Bangsa dan Anas Hidayat
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, pengeluaran sebagai variabel moderasi terhadap perilaku pembelian buku di pasar buku Shopping Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis. Jumlah sampel penelitian adalah 135 responden yang merupakan pengunjung yang membeli buku di pasar buku Shopping Yogyakarta. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas produk terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pembelian. (2) pengeluaran terbukti memoderasi pengaruh kualitas produk terhadap perilaku pembelian. (3) harga terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pembelian.
Keywords: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Daya Beli Konsumen, Perilaku Beli
Topic: Manajemen Pemasaran