Pengembangan Handout Fisika Berbasis Advance Organizer untuk Siswa SMA Kelas X Semester Genap
Nani Muniroh, Vina Serevina, Bambang Heru Iswanto
Program Studi Pendidikan Fisika
Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar fisika berupa handout berbasis advance organizer pada materi fisika kelas X semester genap sesuai dengan kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development (R&D)) model Dick and Carey. Namun penelitian ini dibatasi hanya pada tahap revisi instruksional. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan pada 40 siswa SMA di Jakarta pada bulan Januari 2016, diperoleh 52,5% siswa menyatakan pembelajaran fisika di sekolah kebanyakan menggunakan pendekatan matematis. Sedangkan 65% siswa lebih memilih pembelajaran di luar setelah sekolah usai karena kurang mengertinya mereka akan materi fisika. 87,5% siswa menyatakan sumber belajar yang mereka gunakan hanya berupa buku paket dan LKS, serta mereka belum mengenal handout. Sehingga 35% siswa menginginkan diadakannya pengembangan handout fisika. Hasil penelitian ini adalah berupa produk handout fisika berbasis advance organizer untuk siswa SMA kelas X semester genap. Berdasarkan silabus, kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013, materi fisika untuk SMA kelas X semester genap terdiri dari 4 kompetensi dasar, kemudian dikembangkan menjadi 3 buah handout untuk masing-masing kompetensi dasar. Sehingga dihasilkan 12 buah handout. Penggunaan model adavance organizer pada handout bisa mempermudah guru terutama siswa dalam mengaitkan pembelajaran lama dengan yang baru. Sehingga siswa akan lebih tertarik akan pembelajaran fisika karena adanya kebermanfaatan tersebut.
Keywords: handout, advance organizer, R&D
Topic: Pembelajaran