Pengaruh Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Interkoneksi Multipel Representasi Siswa dalam Kimia
Aditya Rakhmawan (a*), Harry Firman (b), Sri Redjeki (c), Sri Mulyani (b)
a) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia
b) Departemen Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
c) Departemen Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pengaruh kognitif siswa terhadap kemampuan interkoneksi multipel representasi mereka dalam materi kimia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimen dalam bentuk survei. Sampel dari survei melibatkan 219 siswa kelas 11 sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam survei ini dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 7 butir soal yang memuat representasi di level makroskopik, 9 butir soal yang memuat representasi di level simbolik, dan 9 butir soal yang memuat representasi di level submikroskopik. Materi yang diangkat dalam instrumen ini adalah konsep laju reaksi dan kesetimbangan kimia. Berdasarkan hasil temuan yang diuji secara statistik menggunakan uji ANOVA menghasilkan bahwa kemampuan siswa dalam suatu konsep mempengaruhi perbedaan kemampuan di level representasi secara signifikan yang dibuktikan dengan signifikansi (p-value) antar level representasi yang kurang dari 5%.
Keywords: Kemampuan kognitif, tiga level representasi, laju reaksi kimia, kesetimbangan kimia
Topic: Pembelajaran