SNIPS 2018 Conference

Pengembangan Modul Elektronik Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Siswa SMA Kelas X Materi Getaran Harmonis
Mega Sofiana (a*), I Made Astra (b), Anggara Budi Susila (b)

a) Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia *megasofiana47[at]gmail.com
b) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik dengan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar soal-soal higher order thinking skill (HOTS) pada siswa SMA Kelas X materi getaran harmonis. Modul elektronik yang dikembangkan disusun berdasarkan tahapan pembelajaran discovery learning yaitu ; stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan generaliasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dengan menyebar angket kepada 35 siswa kelas X SMAN 72 Jakarta. Sebesar 74,3% menyatakan bahwa penyebab kesulitan belajar fisika adalah karena buku yang digunakan saat ini tidak memuat banyak ilustrasi dan 94% menyatakan buku yang digunakan belum melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengembangan Media Jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Berdasarkan hasil analisis uji keterbacaan sementara didapatkan hasil persentase kajian materi yang disajikan dalam modul berada dalam kategori baik yaitu sebesar 62,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan modul elektronik yang layak digunakan sebagai media dan sumber belajar dikelas, serta dapat meningkatkan hasil belajar soal-soal higher order thinking skill (HOTS) pada materi getaran harmonis.

Keywords: Modul elektronik; Discovery learning; Higher order thinking skill (HOTS); Getaran harmonis

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/nvfFgEjdWDaT

Web Format | Corresponding Author (Mega Sofiana)