Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan(PBMP) pada Materi Fisika Optik di SMA
Windy Widyarti Rahayu, Vina Serevina, Iwan Sugihartono
Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan melihat seberapa besar pengaruh penggunaan LKS dengan pola PBMP terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X SMAN 77 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan media pembelajaran yang terdiri dari 8 tahap, yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) perumusan tujuan, 3) pengembangan materi/bahan, 4) pengembangan instrumen, 5) penulisan naskah media, 6) uji coba produk, 7) revisi, dan 8) produksi. LKS fisika dengan pola PBMP telah melalui tahap uji validasi dengan presentase pencapaian sebesar 89,3% menurut ahli materi dan 83,75% menurut ahli media. Selanjutnya, setelah direvisi, LKS ini akan diuji cobakan kepada 36 siswa SMA kelas X. Uji coba dimaksudkan untuk melihat dan menganalisis sejauh mana peningkatan pemahaman siswa kelas X tentang materi optik.
Keywords: LKS, PBMP, Penelitian dan Pengembangan, Fisika Optik, Hasil Belajar
Topic: Pembelajaran (EDU)