Market orientation, service quality and cutomer satisfaction sustainable tourism destinations in Bali
Ni Made Wahyuni (a*), I Made Sara (b), Ida Ayu Sri Meitri (c)
Warmadewa of University
Abstract
Tujuan: Seiring pertambahan populasi dunia, pariwisata telah menjadi landasan ekonomi global. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis hubungan antara orientasi pasar (MO) pada kualitas layanan (SQ) dan kepuasan pelanggan (CS) serta dampaknya pada kinerja organisasi (OP). Selanjutnya, penelitian juga mengeksplorasi efek mediasi SQ pada hubungan antara orientasi pasar dan kepuasan pelanggan. Konstruk dependen akhir penelitian ini adalah kinerja organisasi secara keseluruhan konteks layanan daerah tujuan wisata (DTW) berkelanjutan di Bali. Desain/metodologi/: Total sebanyak 37 pengelola DTW dengan pengalaman lebih dari tiga tahun, berpartisipasi dalam penelitian ini di wilayah Bali. Teknik pengumpulan data dengan survey kuesioner yang dikelola sendiri. Studi mempertimbangkan persepsi manajer sambil mengukur beberapa konstruk. Structural equation modeling berbasis PLS digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis. Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara positif signifikan MO mempengaruhi SQ, MO mempengaruhi SC, MO mempengaruhi kinerja kinerja organisasi, SQ mempengaruhi CS. Menariknya, SQ memediasi parsial hubungan antara MO dan SQ. Manajer destinasi wisata dapat menggunakan konseptualisasi multidimensi praktik orientasi pasar dan kualitas layanan sehingga kepuasan pelanggan meningkat. Implikasi praktis: Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola senior destinasi wisata berkelanjutan dengan menerapkan orientasi pasar dan kualitas layanan sebagai strategi kompetitif DTW untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan dan hasil kegiatan usaha. Orisinalitas: Secara empiris memberikan pemahaman implementasi praktik orientasi pasar meningkatkan tingkat kualitas layanan dan penguatan model kepuasan. Masih sedikit studi konteks Bali, paper ini menawarkan pengetahuan kepada pengelola untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara menerapkan perilaku berorientasi pasar dan praktik kualitas layanan efektif.
Keywords: Customer satisfaction; Market orientation; Service quality
Topic: Budaya dan Kearifan Lokal