PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MEMPERHATIKAN DOMAIN SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA
Fioren Palma Sibarani(*), Louise M. Saija
Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Advent Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan atau tanpa memperhatikan domain soal pada siswa SMA. Desain penelitian ini merupakan desain komparatif, Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 SMA N 1 Parongpong. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan memperhatikan domain soal dan tanpa memperhatikan domain soal. Selanjutnya, kebanyakan siswa menunjukkan respon yang tergolong �sangat senang� terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) yang sudah dilakukan dalam penelitian ini.
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Domain Soal.
Topic: Pembelajaran (EDU)