FMI 2019 Conference

PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN FAKTOR PSIKOLOGIS DALAM MENUMBUHKAN CALON WIRAUSAHA
Zulhawati, Pujiastuti, Ifah Rofiqoh

Universitas Teknologi Yogyakarta


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan faktor psikologis terhadap intensi berwirausaha. Dalam penelitian ini pendidikan yang di maksud adalah pendidikan formal di Perguruan Tinggi dan pendidikan tidak formal dari keluarga. Faktor psikologis yang diteliti adalah adversity quotient dan self efficacy. Penelitian di lakukan terhadap mahasiswa di UTY dengan responden terdiri dari tiga kelompok yaitu; 1) mahasiswa yang belum pernah mendapatkan matakuliah kewirausahaan, 2) pernah mendapatkan matakuliah kewirausaan, dan 3) mendapatkan matakuliah kewirausahaan serta bergabung dengan Program Pengembangan Kewirausahaan. Responden juga dikelompokkan berdasar keluarga yang berwirausaha dan tidak berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi mahasiswa untuk berwirausaha. Hasil pengujian menggunakan perbedaan intensi berwirausaha antara kelompok responden berdasarkan pendidikan formal menghasilkan perbedaan antara mahasiswa yang mendapatkan matakuliah kewirausahaan (baik itu teori, penugasan dosen maupun kelompok PPK) dan yang belum pernah mendapatkan matakuliah. Hasil uji regresi juga menghasilkan angka yang signifikan pengaruh pendidikan dan faktor psikologis adversity quotient dan self-efficacy terhadap intensi mahasiswa untuk berwirausaha. Saran untuk penelitian selanjutnya bisa memasukkan modal sosial dan kebutuhan untuk berprestasi sebagai variabel prediksi untuk mengetahui intensi untuk berwirausaha.

Keywords: Adversity quotient, intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan, self efficacy

Topic: Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis

Link: https://ifory.id/abstract-plain/rwLcKYb3euW4

Web Format | Corresponding Author (Ifah Rofiqoh)