Peran Karakteristik Pengajar dan Karakteristik Materi Pembelajaran dalam meningkatkan Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Pembelajaran E-Learning: Studi Pada Mahasiswa Universitas Airlangga
Raras Kirana Wandira dan Ratri Amelia Aisyah
Universitas Airlangga
Abstract
Perubahan paradigma dari pembelajaran berpusat pada pengajar (teacher-based learning) menjadi pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-based learning) kini terjadi seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang merupakan bagian penting bagi pendidikan. Adanya perubahan paradigma ini membutuhkan adanya pemahaman mengenai pengadopsian e-learning bagi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pengajar dan karakteristik materi pengajaran terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan pembelajaran e-learning. Survei dilakukan dengan 300 mahasiswa Universitas Airlangga sebagai respondennya. Data dianalisis menggunakan teknik partial least square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pengajar, karakteristik materi, dan persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi persepsi kegunaan pembelajaran e-learning. Serta karakteristik pengajar dan karakteristik materi mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan pembelajaran e-learning. Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan lebih banyak pemahaman tentang apa yang mempengaruhi persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan pembelajaran e-learning.
Keywords: Karakteristik pengajar, karakteristik materi, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan
Topic: Manajemen Pemasaran